Jelajahi

Copyright © PortalNews
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Pasang Iklan

Bupati Luwu Menghadiri Kunjungan Kerja Presiden RI di Luwu Timur

Wednesday 29 March 2023, 20:03 WIB Last Updated 2023-04-23T00:43:29Z
Bupati Luwu Menghadiri Kunjungan Kerja Presiden RI ke Luwu Timur

Bupati Luwu Menghadiri Kunjungan Kerja Presiden RI di Luwu Timur


Luwu Timur, Portal News - Bupati Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang, M.Pd menghadiri kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia ke PT. Vale  yang berlokasi di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (30/3/2023). 


Dalam kegiatan tersebut, Basmin Mattayang juga  menyaksikan peresmian Taman Sawerigading Wallacea Sehat oleh Presiden Republik Indonesia, H. Joko Widodo usai meninjau pasar Maulindung Sorowako, menuju area penambangan dan pembibitan menanam pohon dan mendedikasikan taman untuk digunakan.


Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa cadangan nikel Indonesia merupakan cadangan nikel terbesar di dunia, 25% diantaranya berada di Indonesia. 


“Ini kekuatan kita dan kita tidak mau nikel  habis karena sudah ekspor mentah bertahun-tahun, jadi mulai 2020 saya hentikan ekspor mentah, tapi harus produk setengah jadi atau produk jadi,”  Jokowi. dijelaskan. 


Presiden juga menambahkan, melihat bagaimana PT. Vale membersihkan lahan bekas tambang dengan sangat baik agar tidak terjadi kerusakan lingkungan. Ia pun mengapresiasi upaya PT. Lie langsung merebut kembali dan merebut kembali tanah yang  ditambang. 


“Saya juga melihat bagaimana PT Vale mempersiapkan benih untuk restorasi dan pemulihan lahan bekas tambang, sangat bagus, dan saya akan segera membiarkan semua perusahaan tambang di Indonesia meniru dan meniru tindakan PT Valley,” tambahnya.


Sementara itu, Basmin Mattayang saat berkumpul dengan tim media Diskominfo-SP Luwu menyampaikan harapan besarnya agar  saat ini  PT. BMS di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu akan segera siap dan  beroperasi.


“Luwu juga  memiliki smelter nikel. Kami tentu berharap dapat memberikan dampak  positif bagi perekonomian masyarakat Kabupaten Luwu,” kata Basmin.


Berbeda dengan Sorowako, PT. BMS di Kecamatan Bua  tidak melakukan penyeberangan melainkan sedang membangun pabrik pengolahan bijih nikel di Kabupaten Kolaka. Pabrik tersebut memproduksi nikel sulfat yang merupakan bahan baku baterai mobil listrik. (*)

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Terkini


X
X
×
BERITA UTAMA NEWS