Jelajahi

Copyright © PortalNews
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Pasang Iklan

Sejumlah Mahasiswa Asal Luwu Tuntut Pemekaran Luwu Tengah di HPRL yang ke-77

Monday 23 January 2023, 23:12 WIB Last Updated 2023-01-24T04:12:31Z
Sejumlah Mahasiswa Asal Luwu Tuntut Pemekaran Luwu Tengah di HPRL yang ke-77


Makassar, Portal News - Dalam momentum hari jadi Luwu yang ke-775 dan hari Perlawan Rakyat Luwu yang ke- 77 yang jatuh pada tanggal 23 Januari 2023. 


Sejumlah mahasiswa yang tergabung di dalam PKPT IPMIL RAYA UIN ALAUDIN MAKASSAR melakukan aksi unjuk rasa di jalan, Sultan Alauddin Makassar. Senin (23/1/2023).


Dalam aksi unjuk rasa itu, Jendral Lapangan Muhammad Reza dalam orasinya menyebutkan bahwa, sudah seharusnya luwu tengah itu di mekarkan, mengingat sudah ada nyawa direnggut dalam perjuangan pemekaran tersebut dan kemudian beberapa korban yang luka pada peristiwa walmas berdarah di tahun 2013 tentunya ini yang menjadi kobaran api didalam diri setiap Wija to luwu untuk turun ke jalan. Belum lagi tidak adanya kepastian hukum yang diberikan terhadap pelaku penembakan pada peristiwa tersebut.


Selain itu, Abd Hafid, Selaku Ketua Umum PKPT IPMIL RAYA UIN ALAUDDIN MAKASSAR dalam kesempatannya juga menekankan kepada pemerintah pusat agar memberikan diskresi terhadap Luwu Tengah.


"Jika tidak dapat mencabut moratorium, pasalnya baru-baru ini diskresi (kebijakan khusus) itu hanya diberikan kepada beberapa pemekaran provinsi, diantaranya Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat. yang dinilai diskriminatif, atas ketidak becusan stakeholder dalam menyelesaikan konflik yang terjadi disana".


Tak hanya itu, Adriansyah Putra Wajenlap menambahkan, bahwa gerakan yang di bangun pada hari ini tidak terlepas dari pada keresahan kita sebagai Wija To Luwu. 


"Mengingat, Secara administratif kabupaten Luwu harus di mekarkan menjadi dua kabupaten. Apalagi kabupaten tersebut berstatus (enklave area) yang terpisah dari induknya harus melewati satu kota madya (kota palopo) untuk sampai ke pusat kab. Luwu yang berjarak kurang lebih 90km".


Selanjutnya Muhammad Reza, selaku jendral lapangan juga menegaskan didalam orasinya bahwa, kami akan kembali turun ke jalan dengan jumlah massa yang bertambah, dan akan mengonsolidasikan secara kelembagaan khususnya Wija To Luwu yang ada di kota makassar. tegasnya


Adapun tuntutan massa aksi PKPT IPMIL RAYA UIN ALAUDDIN MAKASSAR yang di sampaikan di depan kampus 1 UIN ALAUDDIN MAKASSAR tepatnya dijalan Sultan Alauddin tersebut yakni,


1. Mendesak Presiden RI Mencabut Moratorium.

2. Mendesak Mendagri Untuk Memprioritaskan DOB (Daerah Otonomi Baru) Luwu.

3. Usut Tuntas Kasus Penembakan Walmas Berdarah.

4. Stop Diskriminasi Luwu Tengah.

5. Tegakkan Supremasi Hukum di Sulawesi Selatan.


Penulis : Wahyu

Editor : Iccank

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Terkini


X
X
×
BERITA UTAMA NEWS