Jelajahi

Copyright © PortalNews
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Pasca Letusan Semeru, Analisis BMKG Jepang Sebut Kemungkinan Tsunami di Okinawa

Sunday 4 December 2022, 07:12 WIB Last Updated 2022-12-04T12:12:59Z
Pasca Letusan Semeru, Analisis BMKG Jepang Sebut Kemungkinan Tsunami di Okinawa

Tokyo, Portal News - Letusan Gunung Semeru di Jawa Timur membuat Jepang waspada terhadap tsunami.

 

Badan Meteorologi Jepang saat ini sedang menyelidiki apakah letusan Gunung Semeru menyebabkan tsunami di daerah tersebut.

 

Mengutip situs Japan Meteorological Agency (JMA) pada Minggu (4/12/2022), dijelaskan bahwa tsunami dapat terjadi akibat letusan Gunung Semeru. Namun, ketinggian gelombang yang dihasilkan tidak diketahui.

 

Badan Meteorologi Jepang mengatakan bahwa jika tsunami dari letusan Semeru  mencapai Jepang, itu akan menghantam Miyakojima dan Yaema di prefektur selatan Okinawa sekitar pukul 14:30. menurut waktu setempat.

 

Namun, Badan Meteorologi Jepang melaporkan bahwa citra satelit cuaca Himawari tidak menunjukkan perubahan nyata yang  sesuai dengan gelombang tekanan yang terkait dengan letusan.

 

"Saat ini, tidak ada tingkat lonjakan signifikan yang terdeteksi pada  pengukur pasang surut  luar negeri. Kami akan memberi tahu Anda tentang pengamatan tsunami di masa mendatang," kata Badan Meteorologi Jepang.

 

Japan Meteorological Agency juga memberikan penjelasan tentang perkiraan waktu kedatangan gelombang tsunami.

 

"Perkiraan waktu tiba di Jepang pada kasus awal adalah waktu ketika  gelombang tekanan besar dari letusan gunung berapi diperkirakan bergerak dengan kecepatan 310 m/s dan menghasilkan tsunami," jelasnya.

 

Gunung Semeru meletus dini hari tadi sekitar pukul 02:46 WIB, dengan gumpalan abu setinggi 1.500 meter di atas puncak.  Sekitar 5.176 meter, di atas permukaan laut.

 

Gumpalan abu  berwarna abu-abu dan agak pekat hingga tebal di bagian tenggara dan selatan. Letusan ini terekam  seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik.

 

Badan Geologi ESDM PVMBG kini menaikkan status Gunung Semeru dari awas menjadi awas, eskalasi dari waspada level 3  ke waspada level akan dimulai sore ini. (Tyufan/Red.)

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Terkini


PORTAL EDUKASI

+

X
X
×
BERITA UTAMA NEWS