√ Bupati Luwu, Jika Panitia Pilkades Curang Silahkan Laporkan- Portal News - Media Investigasi Pembaharuan Nasional

Jelajahi

Copyright © Portal News
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Iklan

Kabupaten Luwu

Bupati Luwu, Jika Panitia Pilkades Curang Silahkan Laporkan

Kamis, 17 Maret 2022, Maret 17, 2022 WIB Last Updated 2022-03-18T03:10:11Z
Bupati Luwu

 

Luwu, Portal News - Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang hadiri rapat koordinasi dan penandatangan pakta integritas Pilkades Damai Kabupaten Luwu Tahun 2022 di Tribun Lapangan Andi Djemma Belopa. Kamis, (17/3/2022).


Dalam sambutannya, Bupati Luwu meminta para calon kepala desa untuk tetap menjaga suhu politik Pilkades tetap aman tanpa ada gesekan di lapangan.


Bukan hanya para calon kepala desa, dirinya juga berpesan khusus kepada panitia pelaksana Pilkades agar tidak berpihak. 


Menurutnya, salah satu pemicu keributan dan sebuah kontestan politik karena wasit dan pelaksana ikut bermain.


"Saya minta panitia pelaksana, para camat dan pelaksana tugas kepala desa bekerja dengan jujur, tidak ada keberpihakan," Tegasnya.


"Yang harus diawasi kepolisian bukan hanya calon tapi juga panitia Pilkades, saya pesankan kepada peserta Pilkades. Jika panitia curang silahkan laporkan, jangan ambil tindakan diluar hukum atau main hakim sendiri," lanjutnya.


Bupati Luwu dua periode ini juga mengingatkan, Wija To Luwu selalu menjunjung tinggi budaya sipakatau, saling mengingatkan. "Dan saya ingatkan, jangan saling mencela. Bagi saya pantang cerita jelek orang dan pantang terima tamu yang datang menceritakan kejelekan seseorang," ujarnya.


Sekedar diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Luwu diikuti 91 desa pada tanggal 24 Maret 2022 mendatang. 


Adapun jumlah calon kepala desa yang dipastikan berkontestasi di Pilkades nanti sebanyak 265 orang calon.


"Saya kemungkinan tidak ada di Luwu tanggal 24 tersebut karena saya diberikan mandat dari Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri sebagai pemateri kaitannya implementasi Kabupaten Sehat, acaranya di Semarang," Sebut Basmin Mattayang.


Dirinya kemudian berpesan khusus kepada seluruh calon kepala desa, ada 3 hal yang harus dipelihara sebagai kandidat atau calon pemimpin, pertama hatinya harus sehat, pikirannya harus sehat dan tindakannya harus sehat.


"Saya percaya calon kades di Luwu adalah orang sehat, nurani, pikiran dan tindakannya. Karena jika tidak dimiliki salah satunya saja jangan jadi calon kades. Kandidat tidak boleh saling mencela, caci maki dan menjelek-jelekan," Sebutnya 


Bupati Luwu mengingatkan hanya orang hebat yang dicaci dan yang mencaci tentu bukanlah orang hebat. Diterangkan, jika masyarakat kita sudah cerdas, bukan lagi masyarakat seperti dulu. 


"Sekarang era digital, masyarakat bisa saja mengontrol kelakuan kita di Social media, olehnya itu manfaatkan era digital ini dengan baik dalam pelaksanaan pemerintah melalui innovasi. Contoh yang dilakukan Desa Senga Selatan, yang telah memberikan pelayanan berbasis digitalisasi," urainya 


Terkait pelaksanaan pemerintahan, para kepala desa harus berinovasi. Contohi Desa Senga Selatan yang memberikan pelayanan berbasis digitalisasi. 


Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Luwu, H. Bustam, pelaksanaan Rakor dan penandatangan pakta integritas Pilkades Damai Kabupaten Luwu 2022, ingin menyatukan persepsi.


"Kita ingin menyatukan asumsi hawa Pilkades, itu adalah salah satu kegiatan program pemerintah yang dilaksanakan untuk tingkat desa setiap 6 tahun," Katanya.


"Pilkades adalah pesta demokrasi pada tingkat desa, pesta demokrasi adalah setiap orang menggunakan hak konstitusinya, hak pilihnya, hak demokrasinya, tidak boleh ada paksaan, karena itu dilaksanakan harus dengan jujur disiplin dan transparan," Kuncinya (CH/ZB)

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Portal Update


Pasang Iklan

PORTAL OLAHRAGA

+

Iklan

Pasang Iklan

PORTAL OTOMOTIF

+

X
X
×
BERITA UTAMA NEWS
-->