√ Kondisi Terkini Jembatan Miring Kota Palopo di Perpanjang- Portal News - Media Investigasi Pembaharuan Nasional

Jelajahi

Copyright © Portal News
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Iklan

Kabupaten Luwu

Kondisi Terkini Jembatan Miring Kota Palopo di Perpanjang

Senin, 08 November 2021, November 08, 2021 WIB Last Updated 2021-11-12T13:57:30Z
Kondisi Terkini


Palopo, Portal News – Hujan lebat yang  kembali mengguyur beberapa titik di Kota Palopo kurang lebih tiga jam membuat sejumlah titik di Kota Palopo mengalami banjir dan tanah longsor.


Sejumlah titik tersebut berada di sekitar kelurahan Temmalebba, Rampoang, dan Tobulung sementara untuk tanah longsor terjadi di Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat Kota Palopo.


Selain banjir dan tanah longsor. Hujan deras yang melanda Kota Palopo juga mengakibatkan munculnya retakan lebih besar sekitar jembatan miring (Jemmir) yang merupakan penghubung antar kabupaten kota di Sulawesi Selatan.


Retakan tersebut di akibatkan oleh debit air di sejumlah sungai kembali naik. Kondisi tersebut makin diperparah hujan terjadi di daerah pegunungan.


Sementara itu, salah satu pekerja yang enggan disebutkan namanya mengatakan kondisi tiang tengah jembatan yang digerus oleh tingginya debit air sungai membuat muncul retakan  baru. Sehingga memperburuk keadaan dan ditambah hujan lebat dari daerah gunung hampir tiap malam turun.


“Itu di sana bisa kita lihat sendiri, kembali muncul retak baru yang panjang naik di tiang beton penyangga jembatan. Selain tiang retak dua tiang pancang yang baru dipasang juga bengkok. Tidak hanya itu, selain aspal di sebelah itu sudah terangkat, tadi juga terdengar sedikitnya tiga kali bunyi dari jembatan,” Kata Pekerja Tersebut.


Hal Tersebut Juga dibenarkan oleh, Koordinator Lapangan (Korlap) Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Selatan Kadir Ali yang dihubungi via selulernya (WhatsApp) membenarkan adanya kerusakan di lokasi tersebut.


"Ia, dari pinggiran jembatan ada 2 tiang penyangga Abutmen terbawa arus dan muncul retakan baru  sekitar 25 cm, Serta adanya  penurunan jembatan sebelah kanan arah Masamba sekitar 20 cm," 


Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa kejadian tersebut di akibatkan adanya pergeseran karena yang tergerus air". Ungkapnya Senin. (8/11/2021) pukul 12:35 (WITA) Siang.


Perlu diketahui dana alokasi anggaran untuk perbaikan jembatan tersebut merupakan dana tanggap darurat dari APBN. Adapun nilainya masih dalam tahap estimasi dan pekerjaan dibiayai oleh PT Utama Karya.


Penulis : Fana

Editor : Zainuddin Bundu

Dapatkan Informasi Lainnya di Tabloid Portal News - Media Investigasi Pembaharuan Nasional

UNTUK PENGADUAN & BERLANGGANAN HUBG : 

Facebook : Portal News atau Whatsapp Portal Center

WhatsApp
Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Portal Update


Pasang Iklan

PORTAL OLAHRAGA

+

Iklan

Pasang Iklan

PORTAL OTOMOTIF

+

X
X
×
BERITA UTAMA NEWS
-->