Iklan

Iklan

Monday 18 January 2021, 20:30 WIB
Last Updated 2021-10-03T19:27:28Z
Pemerintah

Raker FKPP DPC Luwu, Pesantren Menjadi Perisai Pancasila Dan Negara Kesatuan RI

Advertisement

Raker FKPP DPC Luwu

 

Luwu, Portal News - Rapat Program Kerja Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Luwu periode 2020-2025 diselenggarakan di Pondok Pesantren Modern Al-Zakiyah Malela, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Dari pantauan Wartawan Media Portal News, dalam rapat program kerja kali ini bertemakan "Pesantren Menjadi Perisai Pancasila dan Negara Kesatuan RI". Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Luwu Drs. H. Jufri, MA. Selasa pagi (19/01/2021) pukul 09:00 (WITA).

 

Dalam pembukaannya, Jufri menyampaikan bahwa. "Saya memberikan apresiasi yang sangat luar biasa, Karena Forum ini dapat melaksanakan Rapat Kerja dalam menata Pondok Pesantren, terkhusus di Kabupaten Luwu. Pendidikan pertama di Indonesia adalah Pesantren, kelasnya merupakan kajian agama." Terangnya.

 

“Saya melihat Pondok Pesantren utamanya di Luwu ini lebih mengutamakan sekolah Madrasah, namun Sekolah Madrasah ini tetap dibawah naungan Pesantren. Karena pendidikan yang sangat utama dan dibutuhkan adalah pendidikan Pondok Pesantren, jika kita mau melihat negara kita aman, pendidikan harus didasari di Pondok Pesantren." Jelasnya.

 

Lanjut Jufri, “Dimasa pandemik Covid 19 ini, kita sudah berikan bantuan operasional ke Pondok Pesantren. Mondok dan belajar dipondok harus dijaga, jangan sering keluar dan menerima kunjungan agar kita terhindar dari virus Covid 19. Pembelajaran di Pondok Pesantren ditangan kita semua, saya menaruh harapan kepada bapak-bapak untuk tetap bersinergi. Jika Pondok Pesantren berjalan dengan baik, maka bendera Kementerian Agama yang naik. Terakhir saya sampaikan bahwa Pondok Pesantren adalah yang pertama dan utama untuk menjaga keutuhan NKRI". Tutup Jufri

 

Selain itu, Ketua FKPP Luwu Drs. Pahruddin, M.Pd.I atau akrab disapa Pakkapolo dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Luwu untuk selalu membangun komunikasi. Agar tercipta keakraban diantara kita, dan juga selalu memuhasabah diri yakni upaya dalam melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap diri sendiri dalam melihat aspek kebaikan dan keburukan." Jelasnya.

 

Sambutan terakhir juga disampaikan oleh Muhdar Mateliu selaku Ketua Yayasan Al-Zakiyah Malela mengatakan.

 

"Kami sangat berterimakasih kepada para peserta Raker karena memilih tempat Raker pertamanya di Pondok Pesantren Modern Al-Zakiyah Malela. Semoga Pondok ini menjadi berkah untuk kita semua dan Rapat Kerja ini berjalan dengan lancar, Aamiin." Tutup Muhdar.

 

Sekedar diketahui, dalam Raker ini dihadiri beberapa Pondok Pesantren diantaranya. PPTQ Nurul Jannah Banawa Suli, Ponpes Hidayatullah Belopa, Ponpes Modern Babussa'adah Bajo, Ponpes Nurul Hidayah Suli Barat, Ponpes Darul Istiqomah Cilallang, Ponpes Attibyan Senga, Ponpes Darul Khaeriyah Tawondu, Ponpes Nurul Haq Komba dan Ponpes Nurul Jadid Bua.

 

Penulis: Sukardi

Editor: Esse

Portal Update