√ Korban Longsor Tana Toraja Terus Bertambah, Kabar Terbaru Sudah Mendekati Angka 21 Orang- Portal News - Media Investigasi Pembaharuan Nasional

Jelajahi

Copyright © Portal News
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Iklan

iklan-portal-news

Korban Longsor Tana Toraja Terus Bertambah, Kabar Terbaru Sudah Mendekati Angka 21 Orang

Minggu, 14 April 2024, April 14, 2024 WIB Last Updated 2024-04-14T08:01:07Z


PORTAL 
NEWS -- Update jumlah korban bencana tanah longsor di Tana Toraja  Sulawesi Selatan terus bertambah, sejak kejadian pertama Sabtu, 13 April 2024 kemarin.


Kabar teranyar menyebutkan, jika korban sudah mencapai 21 orang korban. Perinciannya 18 tewas tertimbun material longsor dan 3 masih dalam pencarian atau dinyatakan hilang.


Kedua lokasi longsor yang paling parah terjadi di Dusun Palangka, Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale dan Dusun Pangra’ta, Lembang Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan.


Di Dusun Palangka, material longsor menimbun 17 orang warga. 

Hingga Minggu, 14 April 2024, pukul 13.00 WITA,  tim evakuasi sudah menemukan 17 orang warga dari reruntuhan material longsor. 

Dari jumlah itu, 4 orang ditemukan pada Sabtu malam dan 13 orang ditemukan pada Minggu siang.

Tim pencari, yang terdiri dari Polri, TNI, BPBD Tana Toraja, dan relawan sudah melakukan pencarian sejak Sabtu, 13 April 2024 malam.

Dari jumlah total warga yang sudah ditemukan itu, 15 orang diantaranya sudah meninggal dunia dan 2 luka-luka yakni patah tulang dan luka (Kasus di Palangka), sementara 2 lainnya dinyatakan hilang. Saat ini, keduanya dirawat di RSUD Lakipadada. 


Semua korban, baik yang selamat maupun yang meninggal dunia sudah dievakuasi ke RSUD Lakipadada Makale.


Sedangkan utuk kasus longsor di Dusun Pangra’ta, Lembang Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, ada 5 orang yang tertimbun material tanah campur batu.


Dari lima orang tersebut, 3 diantaranya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Minggu, 14 April 2024. 


Sedangkan satu orang lainnya dinyatakan hilang dan masih dilakukan pencarian. Dua orang warga selamat.


Menurut data Tim Basarnas yang sedang melakukan pencarian, tiga korban meninggal dunia atas nama Indo’ Luka, Ambe’ Dian, dan Karopa, adapun 1 orang yang masih dicari atas nama Luarang.


Sedangkan dua warga yang selamat atas nama Fitri Ratte dan Indo’ Marni.


Sampai Minggu, 14 April 2024 siang, Tim Basarnas masih melakukan pencarian satu warga yang hilang tersebut.


Versi berbeda diungkap oleh Tim Sar Gabungan. 

Dikabarkan tim SAR gabungan menemukan 14 korban tersebut dalam keadaan tewas setelah tertimbun material longsor. Kata dia, korban ditemukan tidak jauh dari lokasi longsor.


"14 korban ini meninggal setelah tertimbun longsor. Ditemukannya tidak jauh dari lokasi, cuma sedikit kami kesulitan karena tanahnya masih bergerak," ungkap Christian Sakkung melansir Detik.


Dia mengutarakan, total korban yang sudah ditemukan saat ini berjumlah 17 orang. 15 diantaranya dinyatakan tewas dan dua orang luka-luka.


"Total sudah 17 korban kami temukan, 15 meninggal dunia karena semalam ada 1 orang yang ditemukan bersama dua orang yang selamat," ucapnya.


Guna menambahkan, tim SAR gabungan dibantu relawan dan warga saat ini masih melakukan pencarian di lokasi longsor. Menurutnya, masih ada 2 warga yang dilaporkan hilang.


"Kalau informasinya masih ada 2 orang yang dilaporkan hilang. Pencarian masih dilakukan. Cuma itu kita juga ekstra hati-hati karena tanahnya masih labil," ujarnya.


Diberitakan sebelumnya, longsor menerjang pemukiman rumah warga di Palangka, Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Sabtu (13/4) sekitar pukul 23.30 Wita. 


Sebanyak tiga rumah rusak karena dihantam longsor.


Longsor diakibatkan hujan deras yang melanda wilayah tersebut membuat tebing yang berada tepat sekitar permukiman warga longsor. 


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tana Toraja melaporkan 18 warga tertimbun longsor.


"Laporan kami ada sekitar 18 orang yang menjadi korban longsor," pungkas Kepala BPBD Tana Toraja. 

(Red)

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Portal Update


X
X
×
BERITA UTAMA NEWS
-->