√ Nama Jalan Opu Daeng Risaju Diresmikan, Basmin Apresiasi Wali Kota Makassar- Portal News - Media Investigasi Pembaharuan Nasional

Jelajahi

Copyright © Portal News
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Iklan

iklan-portal-news

Nama Jalan Opu Daeng Risaju Diresmikan, Basmin Apresiasi Wali Kota Makassar

Selasa, 22 Agustus 2023, Agustus 22, 2023 WIB Last Updated 2023-08-23T01:23:03Z

[PORTAL NEWS] -- Bupati Luwu H. Basmin Mattayang memberi apresiasi yang tinggi atas kebijakan yang dikeluarkan Wali Kota Makassar terkait perubahan nama jalan di kota berjuluk Anging Mammiri itu.


Apresiasi disampaikan Bupati Luwu di hadapan Walikota Makassar, Moh Ramadhan Pomanto, Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, dan Forkopimda Makassar, serta Pengurus Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulsel, Selasa 22 Agustus 2023.


“Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarah. Hari ini, Walikota menorehkan sejarah Luwu di Kota Makassar. Dengan rasa haru dan bangga, mewakili keluarga dan warga Luwu, kami ucapkan terima kasih dan apresiasi atas inisiatif ini,” kata H Basmin Mattayang saat memberi sambutan.


Basmin mengisahkan sepenggal sejarah sosok Opu Daeng Risaju yang merupakan pahlawan wanita dari Tana Luwu.


“Opu Daeng Risaju adalah pejuang wanita yang rela mengorbankan harta dan jiwa raganya untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujarnya.


Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramadhan Pomanto secara langsung meresmikan pergantian nama jalan Cendrawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risaju, disaksikan bukan hanya warga kota Makassar tetapi beberapa warga Luwu Raya yang sengaja datang untuk menyaksikannya diabadikannya nama Opu Daeng Risaju sebagai nama jalan di Kota Makassar.


“Melalui keberkahan Allah SWT, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Jalan Cendrawasih resmi diganti dengan nama Opu Daeng Risaju” kata Ramdhan Pomanto


Pergantian nama jalan Cendrawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risaju tentu dengan berbagai pertimbangan. Danny Pomanto sapaan akrab Ramadhan Pomanto menjelaskan, alasan utamanya karena Opu Daeng Risaju merupakan salah seorang pahlawan nasional, pejuang wanita yang memberikan banyak inspirasi terutama mengenai isu gender.


“Dengan ini kami bangga bisa perkenalkan ke seluruh dunia bahwa kami memiliki pahlawan nasional perempuan,” lanjutnya.


Untuk mengetahui sosok Opu Daeng Risaju, maka Pemkot menyediakan barcode yang tertempel pada plang jalan tersebut sehingga untuk dapat membaca sejarahnya, masyarakat dapat langsung men-scan barcode yang disediakan dan akan muncul sejarah dan kiprah Opu Daeng Risaju sebagai pahlawan nasional. 


Diketahui, sosok Opu Daeng Risaju ialah pejuang wanita asal Sulsel yang menjadi Pahlawan Nasional.


Opu Daeng Risaju memiliki nama kecil Famajjah. 


Opu Daeng Risaju itu sendiri merupakan gelar kebangsawanan Kerajaan Luwu yang disematkan pada Famajjah yang memang merupakan anggota keluarga bangsawan Luwu.


Selain nama baru ini, ada pula nama lain yang sudah diresmikan seperti Jalan Andi Djemma yang juga Pahlawan Nasional asal Luwu. (Red)

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Portal Update


X
X
×
BERITA UTAMA NEWS
-->