√ Salah Satu Ciri Kanker Payudara: Ada Cairan Beginian di Puting? Yuk, Kenali Lima Tanda Ini - Portal News - Media Investigasi Pembaharuan Nasional

Jelajahi

Copyright © Portal News
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Iklan

iklan-portal-news

Salah Satu Ciri Kanker Payudara: Ada Cairan Beginian di Puting? Yuk, Kenali Lima Tanda Ini

Sabtu, 22 Juli 2023, Juli 22, 2023 WIB Last Updated 2023-07-22T08:15:15Z



HEALTHY, PORTAL NEWS -- Banyak kaum hawa yang menyepelekan adanya cairan yang keluar dari puting, yang bisa menjadi pertanda kanker payudara. 

Ciri ini diikuti dengan perubahan warna puting yang semakin gelap.


Memang ada beberapa kemungkinan terkait kondisi tersebut, tetapi risiko kanker tidak bisa dikesampingkan.


"Kita lihat ciri-cirinya, dari warna menggelap, keluar cairan dari puting. Cairan dari puting itu hanya keluar saat dia lagi stres banget, menyusui, atau ya kanker," beber dokter spesialis onkologi dr Andhika Rachman saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (21/7/2023).


Kanker payudara sedikitnya dilaporkan pada 65 ribu warga Indonesia. 


Jumlahnya menjadi yang terbanyak dari laporan kasus jenis kanker lain. Bahkan 15,3 kematian per 100 ribu wanita dipicu kanker payudara.


Jika dirinci, kasus kanker di Indonesia paling banyak kedua adalah kanker serviks dengan 36 ribu kasus, disusul kanker paru estimasi 34 ribu pasien.


Sementara secara global, kanker payudara menempati ranking terbanyak dalam jumlah kasus kenaikan per tahun. 

Namun, pada angka kematian kanker payudara berada di peringkat kelima setelah jenis kanker lain, yaitu sebanyak 685 ribu. 


“Gejala awal kanker payudara mudah ditemukan saat mandi dengan meraba area tersebut. Namun, gejala berupa benjolan kerap kali diabaikan hingga penyakit berangsur parah dan telat ditangani. Padahal, menemukan gejala dan melakukan pengobatan sejak dini dapat meningkatkan peluang kesembuhan pengidap.”


Selain benjolan, berikut ini beberapa gejala awal kanker payudara lainnya yang tidak boleh disepelekan begitu saja:


1. Keluar Cairan dari Puting

Keluarnya cairan dari puting susu menjadi salah satu gejala awal kanker payudara. Kondisi ini dapat berlanjut hingga 3 tahun. Kamu perlu khawatir dan segera memeriksakan diri jika keluarnya cairan dari puting di luar dari siklus menyusui.


2. Perubahan Warna Payudara

Gejala awal kanker payudara selanjutnya adalah perubahan warna. Adanya sel abnormal kanker di organ tersebut akan mengubah warna payudara menjadi kebiruan, ungu tampak memar, atau kemerahan.


3. Perubahan Bentuk

Memiliki payudara asimetris adalah hal yang normal, tetapi pada pengidap kanker, perubahan terjadi secara mencolok. Bukan itu saja, gejala awal kanker payudara lainnya dapat terlihat pada kulit di sekitar payudara yang terasa kencang.


4. Puting Terbalik

Beberapa wanita dilahirkan dengan puting yang mengarah ke dalam atau rata, tetapi kamu harus segera memeriksakan diri jika melihat perubahan ini secara tiba-tiba. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan sel di belakang puting susu.


5. Lesung di Payudara

Gejala ini disebabkan oleh peradangan pada jaringan payudara akibat penumpukan cairan getah bening. Lesung di payudara ini tampak menyerupai permukaan jeruk yang kasar. (det/cs)

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Portal Update


X
X
×
BERITA UTAMA NEWS
-->