Jelajahi

Copyright © PortalNews
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Sekda Luwu Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94

Saturday 22 October 2022, 04:25 WIB Last Updated 2022-11-22T08:29:10Z
Sekda Luwu Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94


Luwu, Portal News - Sekda Kabupaten Luwu H. Sulaiman, MM, diminta memimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-9 Tahun 2022 di Lapangan Andi Djemma, Jumat, . (22 Oktober 2022).

 

Ikrar suci dari keputusan Kongres Pemuda Indonesia II yang diselenggarakan di Batavia (Jakarta) pada tanggal 27-28. Oktober 1928 Kongres yang dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito menyusun tiga kalimat yang memperkuat semangat untuk mencapai kemerdekaan. kebangsaan Kalimat itu berbunyi: “Kami putra dan putri Indonesia mengakui satu darah, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, perjuangkan bahasa persatuan Indonesia.”

 

H. Sulaiman, dalam pidato Zainuddin Amal, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, mengumumkan Sumpah Pemuda yang diberikan pada tanggal 28 Oktober 1928 mengajarkan bagaimana menyikapi sikap, suku, agama, perbedaan suku dan budaya serta perbedaan kepentingan sebagai kekuatan, bukan  faktor pelemah.

 

“Perayaan Hari Sumpah Pemuda  selalu mempunyai arti penting karena ancaman untuk persatuan dan kehormatan Indonesia selalu berdampingan dengan upaya mewujudkan kejayaan Indonesia," katanya.

 

Adapun Tema Hari Sumpah Pemuda kali ini adalah “Bersama membangun bangsa”. Tema ini menyampaikan pesan mendalam bahwa persatuan adalah harga mati yang harus dikokohkan untuk  ketangguhan. Dengan kekuatan dan persatuan akan menjadi kekuatan yang akan mewujudkan pembangunan peradaban yang lebih tinggi dari keberadaan bangsa Indonesia.

 

Rilis: Kominfo

Editor: Esse

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Terkini


PORTAL EDUKASI

+

X
X
×
BERITA UTAMA NEWS