Pemkab Luwu Deklarasi STBM 5 Pilar Dan Kampanye 5 Klaster Germas -->

Iklan Semua Halaman

Kabupaten Luwu

Hot Posts

Pemkab Luwu Deklarasi STBM 5 Pilar Dan Kampanye 5 Klaster Germas

Minggu, 09 Oktober 2022

Pemkab Luwu Deklarasi STBM 5 Pilar Dan Kampanye 5 Klaster Germas

Luwu, Portal News - Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Dinas Kesehatan membacakan deklarasi dan melakukan kampanye, 5 pilar dan 5 klaster STBM, Dan tercatat sebanyak 53 orang dari 5 kecamatan di Kabupaten Luwu membacakan teks pernyataan.

 

Kegiatan ini dilakukan di lokasi pekan UMKM 202 yang terletak di Jalur 2 Belopa, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Minggu (9 Oktober 2022).

 

Kepala Dinas Kesehatan dr Rosnwary Basir dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan pencanangan STBM 5 pilar dan kampanye kelompok 5 Germas bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit guna mencapai kesehatan yang optimal.

 

“Outout dari kegiatan ini adalah, untuk mengkampanyekan pelaksanaan 5 pilar di 5 kecamatan. Yaitu , Belopa, Bajo, Latimojong, Bastem dan Bastem Utara. Serta kampanye implementasi 5 klaster "gerakan masyarakat hidup sehat". Jelas Dr. Rosnwary

 

Selain itu, ia juga memaparkan terkait Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau disingkat STBM yang merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higienes dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat.

 

“Terkait 5 pilar STBM, (1) Stop Buang Air Besar Sembarangan. (2), cuci tangan pakai sabun. (3), penanganan air minum dan makanan rumah tangga. (4) dan (5) pengamanan limbah cair domestik. Yaitu, penanganan limbah cair di rumah tangga. akibat sisa cucian, aktivitas kamar mandi dan dapur yang tidak memenuhi standar kesehatan lingkungan, dan syarat kesehatan yang dapat memutus mata rantai hingga membuat penularan penyakit,” lanjutnya.

 

Menanggapi Deklarasi ke tersebut, Pemkab Luwu Dr H Basmin Mattayang menyampaikan apresiasinya atas upaya Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu, sebagai Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Luwu dan semua yang terlibat dalam membangun Kabupaten Luwu Sehat.

 

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua TP PKK, Ketua Forum KKS Luwu, dan semua jajaran di kabupaten. Baik tingkat kecamatan, kelurahan dan desa yang bahu membahu untuk mengajak masyarakat hidup sehat” ujar H Basmin Mattayang. .

 

Menurut orang nomor satu di luwu ini, kegiatan forum TP PKK dan KKS ini merupakan  kegiatan yang sangat positif dan mulia. Karena mendidik dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat.

 

"Saya berharap kegiatan ini tidak sampai disini, terima kasih kepada semua pihak yang mensupport. Jika kita bergotong royong dengan niat baik menunaikan amanah untuk menata dan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekaligus melaksanakan Pekan UMKM 2022 ini untuk mengangkat taraf ekonomi masyarakat. Pesan saya kepada ibu ketua dan jajarannya, meskipun kita bekerja untuk pengabdian, tapi kita tidak akan pernah lupa untuk tetap menjalankan kewajiban kita sebagai umat Islam, menunaikan shalat lima waktu,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua Forum KKS Kabupaten Luwu Dr Hj Hayarna Basmin menungfkapkan bahwa kegiatan ini bukan akhir dari proses STBM. Namun masih ada tugas yang lebih penting, yaitu menjaga dan memantau kondisi dan perilaku lingkungan . Agar tetap memenuhi lima pilar STBM.

 

“Selain berkat rahmat Allah SWT, kami berterima kasih kepada pemerintah yang peduli terhadap kesehatan masyarakat. Setiap kami turun ke lapangan, kami selalu didukung sektor pemerintah, dalam dua minggu terakhir. Kami telah memberikan sosialisasi dan pembinaan ke hampir 200 desa untuk hidup bersih dan sehat,” kata Hj Hayarna.

 

Hj Hayarna mengatakan bahwa satu kecamatan yaitu kecamatan Belopa Utara sebelumnya sudah melakukan SK, sehingga sampai saat ini sudah ada 6 kecamatan yang mengajukan STMB 5 pilar.

 

“Insya Allah, seperti bom waktu yang menunggu waktu untuk mencapai target 100 persen. Semoga masyarakat kabupaten luwu menyadari hidup bersih dan sehat,” Pungkasnya.

 

Rilis: Kominfo

Editor: Esse