Jelajahi

Copyright © PortalNews
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Pasang Iklan

Bupati Luwu Bersama Forkopimda Buka Pekan UMKM 2022 Secara Resmi

Sunday 2 October 2022, 21:12 WIB Last Updated 2022-11-28T01:15:55Z
Bupati Luwu Bersama Forkopimda Buka Pekan UMKM 2022 Secara Resmi

Luwu, Portal News – Pemerintah Kabupaten Luwu kembali menggelar Pekan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tahun 2022. Kegiatan dipusatkan di poros jalur 2 Belopa, depan Kantor Bupati Luwu, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa. Senin, (3/10/2022).

 

Pekan UMKM 2022 kali ini dibuka secara resmi oleh Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang yang dihadiri unsur Forkopimda, Sekda, para Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa.

 

Kegiatan yang dilaksanakan mulai 3 Oktober hingga 9 Oktober 2022 ini, diikuti oleh sejumlah UMKM Binaan TP-PKK Luwu, UMKM Binaan Dekranasda, Bhayangkari, Dharma Wanita Persatuan dan UMKM binaan dari 22 kecamatan.

 

Tak hanya itu, pihak perbankan dan non perbankan, perusahaan swasta dan para pelaku ekonomi lainnya juga turut ambil bagian dari kegiatan tersebut.

 

Dalam sambutannya, Bupati Luwu menyampaikan 3 hal yang merupakan arahan dari Presiden RI dalam menghadapi gejolak ekonomi saat ini.

 

“Ada 3 hal yang menjadi arahan Bapak Presiden pada pertemuan di Jakarta. Pertama adalah seluruh Kepala Daerah mulai dari Gubernur, Bupati dan Walikota beserta jajarannya agar berusaha untuk menekan inflasi yang terjadi sebagai dampak dari kenaikan BBM”, kata H Basmin Mattayang

 

Arahan yang kedua adalah berusaha memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar mencintai produk lokal dalam negeri. Terutama hasil karya pelaku UMKM, dan yang ketiga adalah menindak lanjuti dampak krisis ekonomi ekstrem akibat dari pandemi Covid-19.

 

“Untuk menjalankan ketiganya, maka Bapak Presiden meminta semua pihak. Baik itu dari pemerintah daerah, unsur Forkopimda, BUMN, BUMD dengan tupoksinya masing-masing. Agar melakukan kolaborasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama meningkatkan daya saing bagi pelaku UMKM”, Ungkapnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Kejaksaan Negeri Luwu yang telah menjadi penggagas terlaksananya Pekan UMKM 2022.

 

Senada dengan Bupati, Kepala Kejaksaan Negeri Luwu yang juga bertindak selaku Ketua PEN Luwu, Andi Usama Harun menjelaskan, bahwa dikala pandemi covid-19 melanda Indonesia sektor usaha mikro kecil dan menengah menjadi tumpuan bagi perekonomian nasional.

 

“Pekan UMKM Kabupaten Luwu Tahun 2022 dengan tema Produk Lokal Tumbuh, UMKM Bangkit, Ekonomi Maju. Kegiatan ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan daya saing produk UMKM sekaligus mengembangkan sistem jaringan usaha bagi produk UMKM unggulan”, jelas Andi Usama

 

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Luwu yang bertindak selaku Ketua Panitia Pelaksana, Ahyar Kasim menjelaskan bahwa Pekan UMKM telah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Luwu.

 

“Tujuannya sebagai sarana yang sangat baik untuk melakukan promosi dan unjuk kreasi para pelaku UMKM, memperluas jaringan pemasaran, pengembangan kreativitas serta menambah wawasan dan informasi bagi pelaku UMKM Kab. Luwu yang selama pandemi Covid-19 mengalami keterpurukan serta mengimbangi terjadinya inflasi akibat kenaikan harga BBM saat ini”, Jelas Ahyar Kasim

 

Berbagai kegiatan juga dilaksanakan untuk memberikan daya Tarik bagi para pengunjung Pekan UMKM 2022, diantaranya adalah pameran produk UMKM, vaksinasi, donor darah, cek kesehatan gratis oleh Dinas Kesehatan, pembuatan pasport oleh Kantor Imigrasi Kelas II Palopo, Pojok Datun oleh Kejaksaan Negeri Luwu, Pelayanan SIM oleh Polres Luwu, pelayanan PBB oleh Bapenda Kabupaten Luwu, Pengadaan Pasar Murah, serta acara hiburan lainnya (lomba nyanyi duet para camat beserta istri, lomba nyanyi kepala desa perwakilan kecamatan, lomba nyanyi solo antar SMA/sederajat dan lomba memasak.

 

Rilis: Kominfo

Editor: Zainuddin

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Terkini


PORTAL EDUKASI

+

Pasang Iklan
Pasang Iklan

Popunder

X
X
×
BERITA UTAMA NEWS