√ Bupati Luwu Menghadiri Acara Kick Off, Pembentukan Desa Antikorupsi- Portal News - Media Investigasi Pembaharuan Nasional

Jelajahi

Copyright © Portal News
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Iklan

Kabupaten Luwu

Bupati Luwu Menghadiri Acara Kick Off, Pembentukan Desa Antikorupsi

Selasa, 07 Juni 2022, Juni 07, 2022 WIB Last Updated 2022-11-25T22:40:51Z
Bupati Luwu Menghadiri Acara Kick Off, Pembentukan Desa Antikorupsi

Gowa, Portal News - Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang Hadiri Acara Kick Off, Desa Anti Korupsi di Lapangan Desa Pakkatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Selasa (07/06/2022).


Komisi Pemberantasan Korupsi RI ( KPK) menobatkannya Desa Pakkatto Wakili Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai salah satu Desa Antikorupsi di Indonesia. 


Ketua KPK RI, Firli Bahurimengatakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki program kerja, salah satunya adalah Desa Antikorupsi di Indonesia.


“Peran desa dalam pencegahan anti korupsi memang sangat penting, karena dana desa yang disalurkan pemerintah harus digunakan untuk membangun desa itu sendiri” jelas Firli.


Selain itu, KPK juga berperan melakukan pencegahan korupsi. Melalui berbagai cara, salah satunya adalah berdirinya desa antikorupsi ini. 

.

Pemelihan Desa untuk percontohan, dimulai sejak awal Februari 2022 dalam empat tahap. Antara lain, tahap observasi yang dimulai kick off dengan Bimtek, evaluasi dan pembentukan atau pembukaan desa antikorupsi yang direncanakan pada November hingga Desember 2022.


Program KPK RI mencalonkan sepuluh desa dari 10 provinsi, yaitu Desa Pakatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dan Desa Kamang Hilla, Kabupaten Agam Agami, Sumatera Barat, Desa Hanura, Kabupaten Pesawaran dan Lampung.


Selain itu, Desa Mungguk, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 


Kemudian Desa Sukojat Kab. Banyuwangi, Jatim. Desa Kutuh, Kab. Badung, Bali Desa Kumbang, Kab. Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, dan Desa Batusoko Barat, Kab. Ende Nusa Tenggara Timur.


Rilis : Kominfo

Editor: Esse

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Portal Update


Pasang Iklan

PORTAL OLAHRAGA

+

Iklan

Pasang Iklan

PORTAL OTOMOTIF

+

X
X
×
BERITA UTAMA NEWS
-->