Jelajahi

Copyright © PortalNews
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Pasang Iklan

Kabupaten Luwu Masuk Nominasi PPD 2022

Friday 11 February 2022, 01:00 WIB Last Updated 2022-03-17T06:04:39Z
Kabupaten Luwu


Luwu, Portal News - Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah atas prestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan mencapai target pembangunan daerah.


Reward dari PPD dengan harapan lebih membumi untuk dikenal masyarakat lebih luas. 


PPD sendiri dilatarbelakangi sebuah filosofi sederhana, yaitu keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional juga ditentukan oleh keberhasilan daerah dalam menyiapkan perencanaan, pelaksanaan dan pencapaian pembangunan daerah yang baik.


Oleh karena itu, peningkatan keterpaduan pelaksanaan pembangunan pusat dan daerah adalah bentuk pengendalian pembangunan yang harus dilakukan secara berkelanjutan.


Bagi Pemerintah Pusat, PPD memperkuat koordinasi dan sinkronisasi untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional dan pembangunan daerah.


Sementara, bagi pemerintah daerah, PPD memberikan motivasi dan pembelajaran untuk pembangunan daerah yang lebih berkualitas. Sementara bagi non pemerintah, PPD memberikan akses informasi dan keterlibatan akademisi, NGO, profesional, jurnalis, dan masyarakat dalam pembangunan daerah.


Terkait hal itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Litbang Daerah (Bappelitbangda) Luwu, Ahmad Awwabin menjelaskan bahwa Kabupaten Luwu tengah mengikuti penilaian PPD tahap II. Saat ini, tahapannya yakni presentasi dan wawancara yang dilaksanakan di Makassar.


“Penilaian yang di ikuti oleh Pemkab Luwu masuk tahap penilaian PPD tahap II,” kata Awwabin, Jumat (11/2/2022).


Tambah Awwabin, penilaian PPD merupakan salah satu bentuk evaluasi pembangunan daerah yang dilakukan oleh Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementrian PPN/Bappenas).


“Tujuan pemberian penghargaan di maksudkan untuk memberi apresiasi kepada pemerintah daerah yang menunjukkan prestasi terbaik dalam penyusunan rencana, pelaksanaan, pencapaian dan inovasi pembangunan daerah,” Bebernya.


Dirinya berharap penilaian PPD merupakan bentuk dukungan untuk tata kelola pemerintahan yang baik dan profesional. 


“Saya yakin Pemkab Luwu mampu meraih penghargaan PPD dari Pemerintah Pusat,” Kuncinya. (Rilis)

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Terkini


PORTAL EDUKASI

+

Pasang Iklan
Pasang Iklan

Popunder

X
X
×
BERITA UTAMA NEWS