Jelajahi

Copyright © Portal News
Created with by Portal News
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Bappelitbangda Launching Badik Luwu

Minggu, 29 Agustus 2021, 22.30 WIB Last Updated 2021-09-13T16:09:47Z

Luwu, Portal News – Dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang prima dan terintegrasi, Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) melakukan sebuah inovasi baru untuk mempermudah akses data pembangunan.

Sebuah peluncuran aplikasi yang diberinama Bank Data Terintegrasi Kabupaten Luwu “Badik Luwu” yang digagas Kepala Badan Bappelitbangda, Achmad Awwabin di ruang rapat kantor Bappelitbangda, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa. Senin (30/8).

Launching Badik Luwu, berdasarkan mandat kebijakan. Terutama program satu data Indonesia yang diatur dalam Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Reformasi Pemerintahan Daerah, dijelaskan terbagi dua yakni data pembangunan daerah serta data keuangan daerah, khusus data pembangunan daerah dikoordinir oleh Bappeda sementara data keuangan dikoordinir oleh bagian keuangan.

Dari keterangan yang dihimpun, Kepala Badan Bappelitbangda, Achmad Awwabin menjelaskan dengan terbitnya peraturan pemerintah daerah ini, khusus bagi pembangunan wajib membuat inovasi terkait dengan program pemerintah.

“Kami mengambil bagian data terintegrasi Kabupaten Luwu yang dikenal dengan Badik Luwu”. Kata Kepala Badan Bappelitbangda, Achmad Awwabin

Lanjutnya lagi “Badik Luwu merupakan program dari mandat kebijakan baik satu data Indonesia maupun Permendagri. Dan merupakan sesuatu inovasi yang baru. Aplikasi ini bisa didownload secara mobile karena berbasis Android” ujarnya

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu Drs. Sulaiman mengatakan Inovasi dari Bappelitbangda ini sangat membantu OPD untuk mendapatkan data yang benar.

“Semoga dengan launching Badik Luwu ini masyarakat kita bisa dapatkan data yang benar dan tidak lagi berbeda dengan instansi teknis lainnya,” ujarnya saat membuka kegiatan ini.

Sekedar diketahui, Selain penjabaran dari aksi perubahan yang dilakukan oleh Kepala Bappelitbangda, Achmad Awwabin telah mengikuti rangkaian proses pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II atau Latpim II.

Tiga hal penting pada Badik Luwu yakni data pembangunan daerah, informasi analisis profil Luwu serta aspek perencanaannya. Pada bank data ini yang tertuang ada seribu lebih Analisis profil daerah Bank data terintegrasi ini diharapkan bisa jadi wadah Bank Data ini diberi nama Badik Luwu ini merupakan strategis pemasaran. (ZB)

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Portal Update


PORTAL SPORT

+

PORTAL OTOMOTIF

+

PORTAL TEKNO

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI