Jelajahi

Copyright © Portal News
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Dinas Pertanian Luwu Melakukan Penyuluhan Dan Sosialisasi Pelaksanaan Hewan Kurban

Tuesday, 29 June 2021, 19:30 WIB Last Updated 2021-09-14T22:02:36Z

Dinas Pertanian Luwu

Luwu Portal News - Dalam upaya peningkatan kapasitas tenaga penyuluh Dinas Pertanian Kabupaten Luwu, yang ditugaskan pada masing-masing desa di wilayah Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Dinas Pertanian Kabupaten Luwu senantiasa melakukan pembinaan, sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas. Baik itu pembinaan dari segi administrasi, knowledge dsb.

 

Dalam kepimpinannya Albaruddin, A. Picunang, SP, M.Si, sebagai Kepala Dinas terus berusaha semaksimal mungkin mewujudkan bukti kerja nyatanya dalam kepimpinannya, dan kepada masyarakat. Agar para penyuluh tersebut senantiasa bekerja dengan giat, menguasai berbagai macam sektor pertanian. Baik itu pertanian tanaman pangan, hortikultura maupun pada bidang peternakan sehingga mampu untuk bersinergi dengan masyarakat pelaku pertanian.

 

"Kegiatan pembinaan berupa penguatan kapasitas terhadap penyuluh pertanian kami lakukan setiap bulan pada setiap BPP" ujar Kadis Pertanian. Rabu, (30/6/2021).

 

Sekaitan pula dengan pelaksanaan hari raya umat Islam yakni, Idul Adha 1442 H, 2021 M. Dengan terbitnya Surat Edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor : 8017/SE/PK.320F/06/2021 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban Dalam Masa Pandemi Covid -19, maka Dinas Pertanian Kabupaten Luwu, menindak lanjuti dengan memberikan sosialisasi kepada penyuluh pertanian dalam rangka pendataan dan pemeriksaan hewan kurban sebelum pelaksanaan hari raya tiba.

 

Melalui Kabid Peternakan kepala Dinas berpesan bahwa "Perlu diketahui berapa titik lokasi penjualan hewan kurban dan jumlah ketersediaannya dan yang tak kalah penting adalah kesehatan hewan kurban tersebut apakah layak untuk jadi hewan kurban.

 

Inti dari sosialisasi pelaksanaan kurban pada masa Pandemi Covid -19, sebagaimana tindak lanjut Surat Edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Luwu antara lain adalah para penyuluh perlunya memahami mitagasi resiko pelaksana kegiatan kurban kemudian pemotongan hewan kurban.

 

Dalam pelaksanaan mitigasi dan pemotongan hewan kurban diharapkan untuk menerapkan protokol Covid 19, penerapan higene personal, pemeriksaan kesehatan awal hewan kurban dan pada saat pemotongan hewan kurban perlu memperhatikan ketentuan sebagaimana yang sudah digaris dalam ajaran agama Islam, dan anjuran dari Pemerintah.

 

"Sosialisasi tentang pelaksanaan kegiatan kurban yang dilaksanakan di beberapa BPP kita akan transfer kepada masyarakat lewat penyuluh pertanian sehingga masyarakat dapat memahami terutama pada kesehatan hewan" kunci kepala Dinas Pertanian Luwu, Albaruddin. (ZB)

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Portal Update


Translate

PORTAL OLAHRAGA

+

PORTAL OTOMOTIF

+

PORTAL TEKNO

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI