Jelajahi

Copyright © PortalNews
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Pasang Iklan

Gejala Penyakit Hati Berlemak Membutuhkan Perhatian Medis

Monday 8 February 2021, 01:00 WIB Last Updated 2021-09-29T17:33:08Z

 

Gejala Penyakit Hati

Gejala penyakit hati berlemak membutuhkan perhatian medis dan memiliki kadar lemak yang tinggi di hati Anda menghadirkan risiko kesehatan yang serius dan banyak dari risiko ini berada di bawah payung penyakit hati berlemak. Penyakit hati berlemak dikaitkan dengan sejumlah kondisi kesehatan, seperti obesitas dan tekanan darah tinggi. Kondisi ini ditandai dengan sejumlah tahapan dan gejala yang sebagian besar berhubungan dengan stadium lanjut.

 

Menurut British Liver Trust (BTL), kebanyakan orang dengan penyakit hati berlemak ringan cenderung tidak melihat gejala apa pun. Bagi mereka yang terus mengembangkan NASH - kondisi yang lebih signifikan yang dapat menyebabkan jaringan parut pada hati, dan dapat berkembang menjadi sirosis - gejala serius dapat muncul, BTL memperingatkan.

 

Pasien dengan kondisi hati yang mulai muntah darah (hematemesis) harus mencari perhatian medis segera, menasihati kesehatan tubuh. Pendarahan internal akibat kerusakan hati sering kali pertama kali terlihat pada feses yang sangat gelap atau berwarna hitam (malena) dan muntah darah (hematemesis), ia memperingatkan.

 

Tanda-tanda serius lainnya termasuk:

 

-  Kekuningan pada mata dan kulit (penyakit kuning)

-  Urine berwarna gelap

-  Pembengkakan daerah perut bagian bawah (asites)

-  Feses berwarna hitam pekat (melena)

-  Periode kebingungan atau ingatan buruk (ensefalopati)

-  Kulit gatal (pruritus).

 

Bagaimana penyakit hati berlemak didiagnosis?

 

NHS menjelaskan: "NAFLD sering didiagnosis setelah tes darah yang disebut tes fungsi hati menghasilkan hasil yang tidak normal dan kondisi hati lainnya, seperti hepatitis, disingkirkan."

Tapi, seperti yang ditunjukkan oleh kesehatan tubuh, tes darah tidak selalu mendeteksi penyakit hati berlemak. Ini dapat membalikkan penumpukan lemak dan bahkan beberapa fibrosis di hati Anda," jelas Bupa.


Gejala Penyakit Hati

 

Jika Anda memiliki NAFLD, Anda harus bertujuan untuk makan makanan yang sehat dan seimbang, untuk menambah kesehatan tubuh.

 

Kiat diet utama meliputi:

 

-  Pilih karbohidrat gandum utuh (seperti roti, nasi, dan pasta) yang tinggi serat.

-  Hindari makanan dan minuman yang tinggi gula.

-  Makan lebih banyak sayur dan buah.

-  Kurangi konsumsi lemak jenuh. Gantilah lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal atau lemak tak jenuh ganda, terutama asam lemak omega-3.  Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung yang dapat dikaitkan dengan

 

NAFLD.

 

-  Pantau ukuran porsi Anda, terutama jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania juga dapat menurunkan lemak di hati.

 

Rencana nutrisi ini menekankan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, mengganti mentega dengan minyak zaitun atau minyak kanola, membatasi daging merah, dan makan lebih banyak ikan dan unggas tanpa lemak.

 

Olahraga teratur dapat membantu Anda menurunkan berat badan berlebih yang mungkin Anda miliki. Ini juga dapat membantu mengurangi kerusakan pada hati Anda bahkan jika Anda tidak berhasil menurunkan berat badan, kata Bupa.

 

Jika Anda memiliki NAFLD, Anda harus bertujuan untuk makan makanan yang sehat dan seimbang, menambah kesehatan tubuh.

 

Bagaimana kondisi ini dirawat?

 

ini tidak ada obat khusus untuk penyakit hati berlemak, ada banyak penelitian yang terus dilakukan untuk mencoba menemukan pengobatannya. Tanpa pengobatan, membuat pilihan gaya hidup sehat dapat membantu menghentikan gejala yang semakin parah.

 

satu tindakan pencegahan paling efektif melawan penyakit hati berlemak adalah menurunkan berat badan."Kondisi ini juga dapat terlihat selama pemindaian ultrasonografi perut Anda," jelas badan kesehatan tersebut. (int)

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Terkini


PORTAL EDUKASI

+

Pasang Iklan
Pasang Iklan

Popunder

X
X
×
BERITA UTAMA NEWS