Jelajahi

Copyright © PortalNews
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Pasang Iklan

Mau Panjang Umur, Lakukan 6 Cara Sederhana ini

Sunday 15 March 2020, 21:00 WIB Last Updated 2022-12-17T21:16:42Z
Ilustrasi bijak memilih makan makanan manis

Bagaimana cara agar tetap sehat baik jasmani maupun rohani? Hidup sehat dan bahagia adalah kunci umur panjang. Artinya, semakin bahagia seseorang, semakin besar kemungkinan mereka akan hidup lebih lama.

 

Salah satu cara termudah untuk hidup lebih bahagia dan lebih lama adalah mengikuti gaya hidup sehat. Yuk, simak panduan memulai gaya hidup sehat di sini.

 

Lakukan 6 Langkah Sederhana ini, dan memulai untuk pola hidup sehat.

 

Berikut beberapa tips sederhana, Anda untuk membantu memulai gaya hidup sehat:

 

1. Hindari stres

 

Kemacetan lalu lintas, pekerjaan atau tanggal kerja yang membuat stres, situasi keuangan, kelemahan dalam hubungan Anda saat ini dan banyak peristiwa kehidupan lainnya pasti akan membuatmu stres. Saat Anda merasa stres, semua sistem dalam tubuh Anda bereaksi berbeda.

 

Stres  kronis, juga dapat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.

 

Jadi usahakan, sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari apapun yang bisa membuat Anda stres.

 

Usahkan beristirahat sebentar, dari pekerjaan yang Anda lakukan. Jika Anda  merasa stres, coba minggirkan sejenak kendaraan Anda di tepi dan Tenangkan diri lalu menarik napas dalam dalam dan keluarkan secara perlahan lahan.

 

Lakukan hal ini beberapa kali, sampai Anda benar-benar merasa lebih rileks. Bernapas dalam-dalam saja menurunkan kadar kortisol, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan Anda.

 

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas lain yang Anda senangi. Misalnya, membaca, membuat jurnal, atau bahkan bermain dengan hewan peliharaan. Pada dasarnya, buatlah diri Anda  nyaman dengan cara yang menyenangkan Anda.

 

2. Pilih makanan dengan bijak

Mau Panjang Umur, Lakukan 6 Cara Sederhana ini
Ilustrasi Kurangi minuman dan makan makanan manis


Apa yang Anda makan pasti mempengaruhi fungsi tubuh Anda. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memperhatikan setiap makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

 

Pastikan  makanan di piring Anda memenuhi prinsip diet seimbang yang mencakup karbohidrat, serat, protein, dan jangan  bergantung pada satu makanan pokok saja. Anda bisa mengganti hidangan utama dengan jagung, mie, ubi atau kentang. Jadi tidak harus selalu nasi.

 

Perhatikan juga porsinya. Memperhatikan porsi makan sangat penting untuk mencegah obesitas dan berbagai penyakit kronis. Ingatlah bahwa terlalu banyak pasti tidak baik untuk tubuh.

 

Selain memilah makanan yang Anda konsumsi, Anda juga harus pintar dalam memanfaatkannya. Hindari melakukan makanan dengan cara menggoreng. Anda dapat mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti merebus, atau mengkukus.

 

3. Sisihkan waktu untuk berolahraga setiap hari

 

Olahraga tidak hanya harus jogging atau pergi ke gym. Anda dapat dengan bebas melakukan berbagai olahraga yang sangat Anda sukai. Jika Anda suka bersepeda atau berenang, silakan lakukan. Sama halnya jika Anda suka jalan santai. Kuncinya satu, aktifkan tubuh Anda  setiap hari.

 

Saat Anda aktif bergerak, usahakan tubuh Anda bergerak untuk membakar kalori yang tersimpan di dalam tubuh. Selain itu,  juga dapat membantu aliran oksigen lebih banyak ke sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tidak heran, jika  Anda  merasa lebih baik setelah berolahraga.

 

Nah, bagi para pekerja kantoran yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas fisik sederhana untuk menggerakkan tubuh.

 

Saat Anda pergi ke kantor, usahakan untuk menggunakan tangga daripada lift atau eskalator. Anda usahkan menyisihkan waktu untuk jalan-jalan atau sekedar naik turun tangga, sebelum dan sesudah Anda makan siang.

 

Terkadang perubahan kecil dalam rutinitas harian Anda dapat membantu Anda  lebih aktif dalam olahraga.

 

4. Kurangi minuman dan makan makanan manis

 

Apakah Anda suka makanan penutup yaitu. makanan manis? Kue, es krim, permen, kue yang sangat menggoda. Namun mulai hari ini, Anda akan mengurangi atau bahkan menghindari jenis makanan yang berbeda tersebut.

 

Bukan tanpa alasan. Hal ini terlalu banyak, karena Anda mengonsumsi gula dapat menyebabkan diabetes. Oleh karena itu, jika Anda menderita diabetes, Anda lebih rentan terhadap berbagai penyakit kronis di kemudian hari. Beberapa di antaranya adalah penyakit jantung dan stroke.

 

Mulailah perlahan-lahan. Jika biasanya Anda minum kopi dengan dua sendok gula, sekarang coba satu sendok saja. Setelah Anda terbiasa, Anda dapat sepenuhnya menghilangkan  gula dari cangkir kopi Anda.

 

Makanlah buah segar, daripada minum minuman kemasan. Selain fakta bahwa gula dalam buah segar lebih sehat, tentu tidak  sebanyak dalam minuman kemasan.

 

Selain gula, konsumsi rokok dan alkohol juga harus dikurangi secara bertahap.

 

5. Minum banyak air putih


Mau Panjang Umur, Lakukan 6 Cara Sederhana ini
Ilustrasi minum air putih
 

Sekitar 60 persen  komposisi tubuh Anda adalah air. Sayangnya, cairan tubuh hilang setiap hari melalui keringat, urine, bahkan setiap kali  bernapas. Itulah mengapa penting agar kebutuhan cairan Anda terpenuhi setiap hari.

 

Selain itu, memastikan  asupan cairan yang cukup tidak hanya mencegah dehidrasi, tetapi juga merupakan cara yang efektif untuk menghindari minuman manis.

 

Bawalah botol air Anda ke mana pun Anda pergi. Masukkan botol ke dalam tas agar tidak  lupa dibawa kemana-mana. Juga, simpan air minum di atas meja  atau di kamar tidur.

 

6. Tidur yang cukup

 

Berolahraga keras dan makan makanan bergizi tinggi akan  sia-sia jika Anda sendiri tidak cukup tidur. Menurut Cheri Mah,  pakar  gangguan tidur di Stanford University dan University of California, sebab tidur merupakan kebutuhan dasar untuk gaya hidup sehat.

 

Jika fondasi ini goyah, tidur adalah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat dibangun. Dan hal ini pasti memberikan efek yang menyehatkan. Mulai dari fungsi imun, energi, selerah makan, mood dan hingga menurunkan berat badan.

 

Menurut National Sleep Foundation, jumlah tidur  ideal  orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam semalam. Jadi tidurlah minimal 7-9 jam setiap malam, ya!

 

Editor : Ishak Iswandi

Sumber: Google.com

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Terkini


PORTAL EDUKASI

+

Pasang Iklan
Pasang Iklan

Popunder

X
X
×
BERITA UTAMA NEWS