Banjir Bandang Sungai Masamba, Membuat Sebagian Rumah Warga Ikut Tenggelam

  • Whatsapp
Banjir Bandang

Masamba, Portalnews.co.id – Banjir Bandang Sungai Masamba yang terjadi mulai sekitar pukul 20.00 Wita, Kamis malam (14/5/2020).

Membuat sebagian rumah warga ikut tenggelam, serta fasilitas umum seperti taman ikut terendam.

Read More

BACA JUGA : Warga Kaget Volume Air Sungai Masamba Meluap Tinggi

Banjir Bandang tersebut diakibatkan tinggi nya curah hujan di beberapa wilayah Luwu Utara, seperti  data prakiraan cuaca BMKG.

Peringatan Dini Cuaca Luwu Raya : Tanggal, 14 Mei 2020 Pkl. 21.40 WITA.

Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan berpotensi Hujan Sedang-Lebat, yang disertai Kilat/Petir dan angin kencang pada Pukul. 22.10 Wita

Wilayah Luwu Utara, meliputi Rongkong, Sabbang, Malangke, Malangke Barat, Tanalili, Baebunta, Masamba, Sukamaju, Bone-Bone dan sekitarnya.

Selain itu, Kabupaten Luwu (Walenrang, Lamasi dan sekitarnya), dan dapat meluas ke wilayah Palopo dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga Pukul. 00.10 Wita.

BACA JUGA : Mahasiswa Luwu Menantang Maut Demi Belajar Online

Dari data Prakirawan – BMKG Masamba http://www.bmkg.go.id, Khusus aliran sungai  Masamba, yang terdampak. Dan berdasarkan data BPS dalam Angka tahun 2018. Desa Desa yang terdampak khusus Kecamatan Malangke, ada 8 Desa yang dialiri sungai Masamba yaitu, Desa Putemata, Desa Tingkara, Desa Pettalandung, Desa Girikusuma, Desa Tolada, Desa Malangke,  Desa Pincepute dan Desa Tokke.

Jika Luapan sungai Masamba ini tak terbendung dan makin bertambah, maka dampak, dan peluangnya makin meluas termasuk Meluas ke Desa Pattimang melalui cabang sungai yang berada di Girikusuma dengan Tolada yang dapat Mengakibat meluas nya debit air masuk ke wilayah Desa Pattimang.

Penulis : Qadri

Editor : Zainuddin Bundu

Related posts

Portal-News-729X90 Portal TV - Channel Streaming Indonesia