Pasca Pilkades Serentak, Empat Desa di Luwu Terisolir Akibat Longsor -->

Iklan Semua Halaman

Kabupaten Luwu

Hot Posts

Pasca Pilkades Serentak, Empat Desa di Luwu Terisolir Akibat Longsor

Kamis, 24 Maret 2022
Pasca Pilkades Serentak

Luwu, Portal News – Paska Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak di 22 Kecamatan, bencana tanah longsor melanda empat desa di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan mengisolir ribuan jiwa di empat desa.

 

Dilokasi tersebut, petugas TNI yang tiba dilokasi tersebut langsung membantu warga membuka akses pejalan kaki dan membantu anak-anak dan warga sakit untuk melintas.

 

Meski dalam menjalankan tugas untuk mengawal berjalannya pesta demokrasi pemilihan kepala desa serentak di 91 Desa se Kabupaten Luwu.

 

Personil dari Koramil 1403 – 07, Walenrang, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan langsung membantu sejumlah warga yang terjebak longsor di jalan penghubung antar Desa. Kamis (24/3/2022).

 

Bencana tanah longsor yang terjadi didaerah tersebut, membuat akses jalan tertutup material hingga sepanjang 30 meter hingga ke tepi jurang.

 

Personil TNI dan warga berupaya menyingkirkan batu-batu besar untuk pejalan kaki dan roda dua, agar bisa dilalui.

 

Bencana yang terjadi membuat empat desa terisolir di wilayah itu, yakni Desa Lempe, Desa Lempe Pasang, Desa Lamasi Hulu dan Desa Lewandi, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Warga yang berada di empat desa tersebut terancam kehabisan stok makanan, mengingat untuk keluar masuk desa membawa logistik dan hasil bumi. Mereka harus mengangkat dan saling membantu. Dan kondisi tanah yang labil juga membuat warga was-was untuk melintasi titik lokasi longsoran tersebut.

 

Kapten INF Agus Purwono yang di temui menjelaskan bahwa. “Pada saat kami melakukan Patroli Pilkades di wilayah Walenrang Barat, Desa Lempe, Desa Lempe Pasang, Desa Lamasi Hulu dan Desa Lewandi, pada saat kami mengarah ke lewandi kondisi jalan aman. Setelah kembali, kami dihadang tanah longsor, tanah bebatuan bukan lumpur. Anggota langsung membantu dan membersihkan jalan supaya bisa dilewati oleh motor dan pejalan kaki”. Kata Danramil 1403-07 Walenrang.

 

Ia juga menambahkan bahwa “Longsoran itu, memutuskan akses jalan, antara ilang batu, lempe, lempe pasang dan lewandi. Setelah kami perbaiki jalanan, supaya bisa di lewati pejalan kaki. Ternyata ada anak bayi, ibu-ibu dan orang lumpuh yang kami bantu bersama anggota. Dan Untuk sementara kegiatan, untuk saat ini dalam keadaan aman”. Tutupnya

 

Sementara itu, warga berharap Pemerintah Kabupaten Luwu segera menurunkan alat berat untuk membuka akses jalan menuju ke wilayah tersebut. Agar aktifitas warga tidak terganggu, apalagi saat ini warga tengah melaksanakan pesta demokrasi pemilihan desa.

 

Penulis : Fana

Editor : Zainuddin Bundu