Jelajahi

Copyright © PortalNews
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Soal Bencana Banjir di Walmas, WALHI Sulsel: Prioritaskan Kelompok Rentan

Wednesday 6 October 2021, 13:00 WIB Last Updated 2021-10-07T19:52:08Z

Soal Bencana Banjir di Walmas

 

Makassar, Portal News - Bencana banjir bandang yang terjadi di WALMAS Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan pada hari Minggu, 3 Oktober 2021 menambah rentetan bencana ekologis yang terjadi di Sulawesi Selatan.

 

Curah hujan yang tinggi, dan menurunnya daya dukung serta daya tampung lingkungan menyebabkan sungai Makawa dan Sungai Lamasi meluap.

 

Selain itu, longsor juga terjadi di Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Banjir bandang yang menimpa masyarakat di Kabupaten Luwu, melanda 4 Kecamatan. Yakni, Kecamatan Walenrang Barat, Walenrang Utara, Walenrang Timur, dan Lamasi Timur.

 

Menanggapi persoalan banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Luwu ini, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulawesi Selatan turut berkomentar.

 

Hal ini disampaikan langsung oleh Mira Janna, selaku staf Departemen Advokasi dan Kajian WALHI Sulawesi Selatan. Kamis siang (7/10/2021) pukul 12:21 (WITA).

 

Dalam tanggapannya, Mira Janna mengungkapkan bahwa WALHI Sulsel turut berduka atas bencana yang dialami oleh masyarakat di Kabupaten Luwu.

 

Tidak hanya itu, Staf advokasi dan kajian WALHI Sulsel ini juga meminta agar kelompok rentan mesti menjadi prioritas dalam masa penanganan, dan tanggap darurat bencana.

 

“Kelompok rentan seperti ibu hamil atau menyusui, balita, lansia dan disabilitas perlu mendapat perhatian serius. Sebab, kebutuhan mereka melebihi dari kebutuhan korban pada umumnya', ungkapnya.

 

Selain itu, Mira Janna juga kembali berkomentar agar serius memperhatikan sanitasi, kebersihan, dan kesehatan di lokasi pengungsian.

 

Sebab, meskipun dalam masa tanggap darurat, sistem sanitasi, kebersihan, dan kesehatan tetap harus menjadi perhatian.

 

“Sanitasi yang baik seperti penyediaan air bersih, dan jamban yang sehat harus diadakan. Misalnya, dengan menyediakan sanitasi yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Juga, soal kesehatan dan kebersihan lingkungan yang mana harus dibantu oleh petugas dan pemantau kebersihan untuk memfasilitasi tempat pembuangan sampah. Agar tidak menyebar di beberapa titik, terkhusus di sekitar lokasi penyediaan pangan atau dapur pengungsian”. Jelas Lulusan Kesehatan Masyarakat Unhas ini.

 

Terakhir, Mira Janna juga menjelaskan bahwa saat ini WALHI Sulawesi Selatan masih mempelajari dan mendalami penyebab terjadinya bencana banjir, dan longsor di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Tambah Mira “Kami masih mempelajari penyebabnya, tim riset WALHI Sulsel telah mulai melakukan pengumpulan data bersama dengan jaringan. Soal hasilnya, pasti kami akan beritakan ke public. Agar kejadian ini dapat dimitigasi kedepannya', tutup Mira Staf Advokasi dan Kajian WALHI Sulsel.

 

Penulis : Andika

Editor : Zainuddin Bundu

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Terkini


PORTAL EDUKASI

+

X
X
×
BERITA UTAMA NEWS