√ Bupati Pinrang Menghadiri Kegiatan Mappalili Masyarakat Tani Cappakala dan Membuka Ruang Diskusi- Portal News - Media Investigasi Pembaharuan Nasional

Jelajahi

Copyright © Portal News
Created with by Portal News
PT ZIB Group Templates

Iklan

Iklan

iklan-portal-news

Bupati Pinrang Menghadiri Kegiatan Mappalili Masyarakat Tani Cappakala dan Membuka Ruang Diskusi

Minggu, 17 Desember 2023, Desember 17, 2023 WIB Last Updated 2023-12-18T16:37:15Z
Bupati-Pinrang-Menghadiri-Kegiatan-Mappalili-Masyarakat-Tani-Cappakala-dan-Membuka-Ruang-Diskusi


Pinrang, Portal News - Bupati Pinrang, Irwan Hamid didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pinrang A. Calo Kerrang menghadiri kegiatan Mappalili di Cappakala, Desa Samaenre, Kecamatan Mattiro Sompe dan Membuka Ruang Diskusi dengan Pemuda Tani, Senin (18/12/2023).

 

Kegiatan ini, menurut Bupati Irwan adalah sebuah kearifan lokal yang memiliki maksud untuk memohon rahmat dari Allah SWT pada proses pertanaman para petani.

 

Selain itu, tradisi yang akrab dengan ritual berdoa ini juga berisi mengharapan. Agar kegiatan pertanaman para petani ini, terhindar dari bala dan hama.

 

Terkait sistem irigasi yang telah diremajakan beberapa waktu lalu, Bupati Irwan optimis pada musim tanam kali ini. Produksi pertanian para petani akan meningkat, dan dapat mencapai 8 ton per hektar.

 

Selain itu, Bupati Pinrang, Irwan juga menyempatkan waktu berdiskusi dengan Pemuda Tani Kordinator Pendidikan Alam Raya Tani, Ikbal yang juga merupakan Caleg DPR RI Dapil Sulsel 3 dari Partai Buruh Wilayah Enrekang, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Kota Palopo, Pinrang, Sidrap, Tana Toraja Dan Toraja Utara.

 

“Kami berdusikusi langsung dengan bupati mengenai sinergi antara pemerintah dan pemuda tani dalam memprogram kan pupuk alami”. Kata Ikbal, S.IP.

 

Lanjut Kordinator Pendidikan Alam Raya Tani, Ikbal “Pupuk alami ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi tanah, meningkatkan kesuburan tanah. Memberikan nutrisi untuk tanaman, dan memperbaiki kualitas serta kuantitas tanaman serta meminimalisir biaya produksi petani”. Bebernya

 

Dengan penjelasan tersebut, Bupati Pinrang Irwan langsung merespon dan sangat mendukung dalam penggunaan pupuk alami yang ditawarkan kordinator pendidikan alam raya tani ini.

 

Tak hanya itu, Bupati Pinrang berpesan “Agar masyarakat terus menjaga persatuan dan sinergitas yang merupakan cara menghindari gesekan yang mungkin terjadi selama aktifitas pertanian berjalan” Tutupnya.

 

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Dina Konstruksi M.Jenal, Camat Mattiro Sompe A.Ramlan Natsir, Tokoh Agama dan masyarakat serta masyarakat Tani Dusun Cappakala. (Red)

Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Portal Update


X
X
×
BERITA UTAMA NEWS
-->